PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 91

Sanggau, kpu-sanggaukab.go.id | Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sanggau melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91, bertempat di halaman Kantor KPU Kabupaten Sanggau jalan Jend. Sudirman km 9 Bunut Sanggau, Senin (28/10/2019) pagi.

Bertindak selaku pembina upacara Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik Sekretariat KPU Kabupaten Sanggau Sutarji. Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pembina upacara, pembacaan teks Pacasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta pembacaan Keputusan Konggres Pemuda 28 Oktober 1928.

Dalam Sambutannya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dibacakan oleh pembina upacara mengatakan “Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.”

Lebih lanjut Menpora mengatakan ” Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia, kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekat dan semangat dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Kalau Pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik .”

Upacara bendera ini diikuti oleh seluruh Pejabat dan Staf Sekretariat KPU Kabupaten Sanggau.

Rangkaian kegiatan upacara ini diakhiri dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. | Humas KPU Sanggau



Tinggalkan Balasan