Sanggau, kpu-sanggaukab.go.id | Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sanggau telah menyelesaikan penyusunan Buku Catatan Kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2020, sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan pemutakhiran DPB pada tahun 2020. Buku tersebut juga telah diserahkan KPU Kabupaten Sanggau kepada KPU Provinsi Kalimantan Barat, Bawaslu Kabupaten Sanggau serta instansi terkait lainnya.

Dalam Sambutannya Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Martinus Sumarto menyampaikan bahwa DPB ini adalah kegiatan baru yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu disemua tingkatan dimana kegiatan penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan ini sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dimana dalam pasal Pasal 14 huruf l, Pasal 17 huruf l, Pasal 20 huruf l disebutkan bahwa: “KPU berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data Pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan”.

Lebih lanjut Sumarto mengatakan bahwa daftar pemilih merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan strategis bagi terselenggaranya pemilu dan Pemilihan. Oleh karena itu, Penyusunan daftar pemilih harus dilakukan dengan cermat dan sungguh-sungguh guna memastikan pemilih yang sudah memenuhi syarat terdaftar sehingga daftar pemilih yang berkualitas dapat terwujud. “semoga kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini dapat mewujudkan Daftar Pemilih yang berkualitas untuk Pemilu / Pemilihan yang berintegeritas dan semoga buku ini bisa memberikan manfaat buat kita semua” pungkasnya.

Dalam buku ini, KPU Kabupaten Sanggau memberikan gambaran terkait proses penyusunan serta memberikan informasi yang berkaitan dengan daftar Pemilih Berkelanjutan tahun 2020.  Buku Catatan Kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2020 dapat diunduh disini | Hupmas KPU Sanggau

Categories:

Tags:

Comments are closed