Pontianak, kpu-sanggaukab.go.id | Bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Ketua KPU Kabupaten Sanggau Martinus Sumarto menerima penghargaan sebagai Peringkat Kedua Badan Publik Informatif Kategori Lembaga Penyelenggara Pemilu Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Barat, Kamis (11/11/2021) pagi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Barat Rospita Vici Paulyn, dalam acara yang bertajuk Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Se Kalimantan Barat Tahun 2021. Acara ini dihadiri oleh Komisioner Komisi Informasi Republik Indonesia Muhammad Syahyan, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar Samuel, mewakili Gubernur Kalbar, unsur Forkompimda Provinsi Kalbar, Pimpinan OPD Provinsi Kalbar serta para nominator dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya Komisioner KI Pusat mengatakan bahwa trend keterbukaan informasi badan publik di Provinsi Kalimantan Barat mengalami peningkatan, begitu juga ditingkat nasional mengalami peningkatan. KI Pusat juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian peningkatan keterbukaan informasi badan publik ditingkat daerah maupun nasional.

Pada kesempatan yang sama, dalam laporannya Ketua KI Provinsi Kalbar menyampaikan, untuk tahun 2021 ini ada 9 kategori penilaian, yaitu:
1. Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat;
2. Kategori OPD dilingkungan Pemerintan Provinsi Kalbar;
3. Kategori BUMD dilingkup Pemerintah Provinsi Kalbar;
4. Kategori BUMN Tingkat Provinsi Kalbar;
5. Kategori Lembaga Legislatif di Kalimantan Barat;
6. Kategori Lembaga Yudikatif di Kalimantan Barat;
7. Kategori Lembaga Penyelenggara Pemilu di Kalimantan Barat;
8. Kategori Lembaga Penyelenggara Negara Tingkat Provinsi Kalimantan Barat; dan
9. Kategori Partai Politik Tingkat Provinsi Kalimantan Barat.
Ketua KI Provinsi Kalbar juga menyampaikan apresiasi kepada badan publik di Provinsi Kalbar atas peningkatan indeks penilaian keterbukaan informasi publik, sehingga kerja-kerja KI Kalbar dalam mendorong dan mengedukasi badan publik tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalbar untuk mengimplemantasikan keterbukaan informasi di badan publik masing-masing dapat berjalan dengan baik. Sikap dan komitmen terhadap keterbukaan tersebut sesungguhnya adalah aksi nyata dari badan publik dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di Kalimantan Barat, sebagaimana dimanatkan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ketua KPU Kabupaten Sanggau Martinus sumarto ketika ditemui menyampaikan ucapan terima kasih kepada KI Kalbar atas anugrah peringkat kedua badan publik informatif kategori lembaga penyelenggara pemilu kabupaten/kota se-kalimantan barat. “ini merupakan hasil kerja keras dan kebersamaan dalam hal pelayanan publik, dan ini penghargaan untuk kita semua” pungkasnya. | Hupmas KPU Sanggau

Categories:

Tags:

Comments are closed