Toba, kpu-sanggaukab.go.id | Ketua KPU Kabupaten Sanggau Martinus Sumarto menjadi salah satu narasumber dalam Kegiatan Penyuluhan Pengembangan Partisipasi Politik Masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sanggau bertempat di Desa Balai Belungai Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau, Jumat (27/08/2021) pagi.
Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si. didampingi Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius. Hadir unsur Forkompimcam Kecamatan Toba, KPU Kabupaten Sanggau, Bawaslu Kabupaten Sanggau serta perangkat desa dan tokoh masyarakat Desa Balai Belungai Kecamatan Toba.
Kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari program Pemerintah Kabupaten Sanggau yang diselenggarakan melalui Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau dengan menghadirkan narasumber dari KPU Kabupaten Sanggau dan Bawaslu Kabupaten Sanggau. Ini merupakan desa kelima dari tujuh desa yang menjadi sasaran dan fokus Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam program pengembangan partisipasi politik masyarakat di Tahun 2021 ini.
Sumarto dalam pemaparannya menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan. “Partisipasi masyarakat dalam pemilu adalah peran aktif Warga Negara untuk ambil bagian dalam kegiatan Pemilu serta mempengaruhi hasil Pemilu dan
Pemilihan.” Imbuhnya.
Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si ketika ditemui tim Hupmas KPU Sanggau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar masyarakat menyadari akan hak-hak politiknya ketika gelaran pesta demokrasi baik Pemilu dan Pemilihan digelar. “kegiatan ini juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, kepercayaan kepada penyelenggara dan peserta Pemilu itu sendiri, lebih berbahaya lagi jika pemilih tersebut tidak menjatuhkan pilihan atau golput” tegasnya.
Pada kesempatan yang sama Plt.Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius menyampaikan bahwa Desa Balai Belungai merupakan salah satu desa fokus dan merupakan program Pemerintah Kabupaten Sanggau. Selain itu juga didasarkan pada Pemilu dan Pemilihan sebelumnya desa ini tingkat partisipasinya belum sesuai harapan. “kita berharap dengan kegiatan ini tingkat partisipasi masyarakat semakin meningkat, terutama dalam menghadapi Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang” pungkasnya.
Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dan narasumber | Hupmas KPU Sanggau

Categories:

Tags:

Comments are closed