Sanggau, kpu-sanggaukab.go.id | Komisioner KPU Kabupaten Sanggau Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Suwindari menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Pemutakhiran Daftar pemilih Berkelanjutan (DPB) yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Sanggau di aula Hotel Emerald Sanggau, Rabu (11/03/2020/ pagi.

Dalam rapat koordinasi juga dihadiri oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten Sanggau. Dalam arahan Ahmad Zaini menyampaikan tentang peran Bawaslu Kabupaten Sanggau yang tidak seperti anggapan masyarakat “setelah pemilu Bawaslu ngapain?  hal ini juga sebenarnya juga sama ketika melihat KPU. Tentu sama karena kita lembaga pengawasan, tentu mengawasi tahapannya KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.” paparnya.

Sementara itu dalam paparannya, Suwindari  bahwa menyampaikan data pemilih yang sifatnya rentan perubahan tentu tidak serta merta memberikan ukuran baku, hal ini bisa kita perhatikan saat menjelang pemilu saja data masih mengalami sinkronisasi terus menerus, terlebih data ini harus didukung oleh data autentik tidak sembarangan menghapus ketika terjadi indikasi ganda dan sebagainya, dia juga mengharapkan peran aktif dari berbagai pihak peduli terhadap data pemilih, disampaikan juga melalui kegiatan di Bawaslu Sanggau ini KPU merasa terbantu karena dapat memiliki ruang dialog dengan masyarakat dalam persoalan penyampaian data pemilih berkelanjutan. 

Peserta dari berbagai kalangan turut memenuhi aula kegiatan, baik dari utusan partai politik, perguruan tinggi, ormas, OKP, Pemerintah Desa, desa penyelenggara pemilihan kepala desa, paguyuban, tokoh adat, dan peserta internal. Antusias peserta terlihat aktif dalam kesempatan diskusi setelah pemaparan materi dari narasumber yang saling memberikan pertanyaan, masukan dan kritikan yang senantiasa membangun pesan pentingnya data pemilih bagi kedaulatan demokrasi di Indonesia khususnya di Sanggau. | Humas KPU Sanggau

 

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.